mtq-pelajarWonosari, (PPDQWI) – Terciptanya generasi yang Qur’ani dan berakhlak mulia menjadi salah satu tujuan diadakannya MTQ Pelajar Sekolah Umum. Dengan akhlak mulia akan dapat dicegah terjadinya tindakan yang tidak baik. Saat ini banyak terjadi pergaulan bebas, penyalahgunaan Narkoba dan berbagai kejahatan. Ini semua dapat dicegah dengan pemahaman Kitab Suci Al Qur’an. Selain itu MTQ juga menjadi sarana silaturohmi antara sekolah yang satu dengan sekolah yang lain.

Dengan Musabaqoh Tilawatil Qur’an Pelajar, Kita Wujudkan Generasi Muda yang Cerdas dan Agamis. Itulah tema yang diambil dalam lomba MTQ pelajar sekolah umum tingkat Kecamatan Wonosari yang digelar di SMP N 2 Wonosari, Sabtu (14/9/). Acara itu diikuti 502 siswa dari tingkat SD, SMP dan SMA/SMK se-Kecamatan Wonosari. Yakni, jumlah peserta terdiri dari, SD ada 112 siswa, SMP ada 126 siswa dan SMA/SMK dengan 264 siswa.

Kepala Sekolah SMP N 2 Wonosari, Drs. Suparto yang sekaligus menjadi ketua panitia perlombaan MTQ mengatakan, dari ratusan siswa yang mengikuti lomba, akan dicari juara I, II dan III, untuk langsung diberi piagam dan piala.  “Peraih juara I dari berbagai perlombaan MTQ juga nantinya akan mewakili Kecamatan Wonosari dalam lomba MTQ pelajar sekolah umum tingkat kabupaten yang rencananya akan dilaksanakan tanggal 26 September mendatang,” katanya. Ia menjelaskan, acara ini bertujuan untuk meningkatkan belajar siswa khususnya mengenai kitab suci Al-Qur’an dan semangat beribadah terutama sholat lima waktu. “Siswa sekarang harus benar-benar dipicu untuk selalu dekat dengan agama. Karena, banyak terjadi kenakalan remaja dari yang ringan hingga fatal sudah sering terjadi, walaupun terjadi di wilayah lain,” jelasnya.

SMK Darul Qur’an dalam hal ini mengirim beberapa siswanya untuk mengikuti perlombaan tersebut. Alhamdulillah dari cabang yang diikuti, SMK Darul Qur’an memperoleh beberapa kejuaran walaupun tidak semua cabang diraihnya. Hal yang mengejutkan diraih pada cabang pidato bahasa Indonesia atas nama Nabila Ayuningrum yang  memperoleh juara 1. Untuk selanjutnya akan mewakili kecamatan Wonosari pada ajang MTQ Pelajar tingkat Kabupaten.

Diantara kejuaran yang diraih SMK Darul Qur’an pada MTQ Pelajar tingkat Kecamatan Wonosari diantaranya:

  1. Cabang Pidato Bahasa Indonesia putrid juara 1 atas nama Nabila Ayuningrum
  2. Cabang Kaligrafi putra  juara 2 atas nama Zainul Abidin
  3. Cabang Kaligrafi Putri juara 2 atas nama Nurul Husna
  4. Cabang MSQ juara 3 atas nama Afra Fauziyah, Suci, Chusin
  5. Cabang Tartil Al-Qur’an putra juara 3 atas nama Farhan Taufik
  6. Cabang MHQ putri  juara 3 atas nama Umi Khasanah

Selamat kepada para pemenang, tingkatkan terus prestasi kalian, terus berjuang demi masa depan yang lebih cemerlang.