aksi-pohonWonosari, (PPDQWI) – Memperingati hari bumi tahun 2013 Taruparwa bekerjasama dengan Badan Lingkungan Hidup dan Pondok Pesantren Darul Quran Wal Irsyad Wonosari melakukan aksi bagi pohon di Pondok Pesantren Kabupaten Gunungkidul. Kegiatan ini bertujuan mengkampanyekan gerakan hijau dan upaya pelestarian sumber daya alam dan hayati dengan seluruh ekosistem di dalamnya.

Aksi pembagian bibit pohon kepada pondok pesantren di Gunungkidul ini selain ungkapan syukur atas karunia Allah SWT juga sebagai simbol menyatu dengan alam yang merupakan bentuk aktualisasi dari ilmu yang diberikan kepada para santri bahwa dalam hidup kita harus beretika baik dengan Tuhan, dengan sesama manusia, dan dalam hubungan dengan alam semesta. “Kegiatan yang kita laksanakan ini penuh dengan makna di dalam kehidupan.”

Sumarwan S.Pd.I selaku panitia kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan aksi kampanye hijau dan bukti kepedulian pondok pesantren pada kelestarian alam. Sementara itu, H. Aryanto Purbo Prasetyo, S.I.P. selaku Koordinator Pelaksana menambahkan: “Alhamdulillah, peringatan hari bumi ini dapat berjalan dengan lancar dan penuh antusias.”

Kesuksesan dan kelancaran kegiatan dalam rangka memperingati hari Bumi ini, tidak terlepas dari peranserta Taruparwa yaitu komunitas yang bergerak di bidang lingkungan hidup dan budaya. Dalam sambutannya, Bapak Eutimos Paramatatya dari Taruparwa Yogyakarta mengungkapkan, bahwa pada peringatan hari bumi tahun ini diisi dengan pembagian bibit pohon, bersih sungai, diskusi lingkungan dan kampanye hijau. Taruparwa mengajak kepada kita semua untuk mencintai alam, sehingga alam tidak hanya kita gerus/ ekploitasi akan tetapi tetap kita lestarikan.